· 

6月のBest Post②日本(広島)へ留学した理由「興味があることを学ぶため」

【 Bahasa Indonesia 】

Halo, teman-teman. Saya Adriani Mutmainnah, tapi kalian bisa memanggil saya Adri, Innah, atau Mutma. Saya berasal dari Makassar, Indonesia, dan saat ini adalah mahasiswa doktoral tahun pertama di Universitas Hiroshima, Program Biologi Dasar dan berada di bawah Lab Miyajima Natural Botanical Garden. Saya sangat tertarik belajar tentang biologi laut, terutama tentang tanaman laut. Ini merupakan objek menarik bagi saya karena saya sangat suka dengan laut serta senang makan boga bahari. Selain itu, saat menempuh studi di jenjang Strata 1, saya sangat tertarik untuk mempelajari ekologi laut. Untuk itu, saat bercita-cita melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan karena Indonesia merupakan negara bahari, saya sengaja mencari negara tujuan yang kondisi perairan lautnya kurang lebih sama dengan Indonesia, dan salah satunya adalah Jepang. 😊

Saya lalu mencoba mencari universitas serta calon pembimbing yang menurut saya dapat membimbing saya sesuai bidang yang saya inginkan melalui internet. Pertama saya mencari informasi universitas yang memiliki bidang biologi kelautan, dan saya menemukan beberapa kampus yang menyediakannya. Setelah itu, saya mencoba mencari informasi dosen pengajarnya yang meneliti dan membimbing objek yang ingin saya pelajari. Saya menghubungi beberapa dosen tersebut lalu berkomunikasi serta berdiskusi dengan mereka. Beberapa ada yang mengatakan tertarik untuk membimbing saya, dan beberapa lainnya mengatakan jika saat itu mereka telah memiliki cukup mahasiswa di lab mereka. Saya lalu melanjutkan komunikasi dengan para dosen yang menyatakan tertarik untuk membimbing saya, dan setelah berdiskusi dengan mereka, akhirnya jatuhlah pilihan saya pada dosen yang saat ini membimbing saya di salah satu Lab yang dimiliki oleh Universitas Hiroshima ini. 

Saya sangat senang dan menikmati masa studi saya di sini karena saya bisa belajar banyak mengenai banyak hal tentang Lamun, objek penelitian yang saya tekuni sejak masa kuliah Strata 1 saya. Hal-hal baru seperti analisis filogeni dan DNA, pengembangan tentang parameter ukur lingkungan serta belajar berkomunikasi tentang bidang keilmuan saya dalam Bahasa Jepang merupakan satu dari sekian banyak hal yang saya pelajari serta terima di sini. Dan karena Lab saya ada di pulau Miyajima, perjalanan saya ke Lab terasa seperti liburan tiap harinya. Jadi, bagi yang penasaran dan tertarik dengan kehidupan saya di Lab Miyajima Natural Botanical Garden yang dimiliki oleh Universitas Hiroshima ini, silakan hubungi saya. Saya akan sangat senang berbagi kisah saya selama berkuliah di sini. Sampai jumpa dan nantikan kisah saya selanjutnya ya. 😉

 


【 English 】  

Hello friends. I am Adriani Mutmainnah, but you can call me Adri, Innah, or Mutma. I come from Makassar, Indonesia, and am currently a first-year doctoral student at Hiroshima University, on Program of Basic Biology, under the Miyajima Natural Botanical Garden Lab. I am very interested in learning about marine biology, especially about marine plants. This is an interesting object for me because I really like the sea and love to eat seafood. In addition, while studying at the bachelor’s degree, I was very interested in studying marine ecology. For this reason, when I aspire to continue my education to a higher level, and because Indonesia is a maritime country, I deliberately look for a destination country whose sea conditions are more less the same as Indonesia, and one of them is Japan. 😊

I then tried to find universities and prospective supervisors who I think can guide me according to the field I want through the internet. First, I looked for university information that has a marine biology field, and I found several campuses that provide it. After that, I tried to find information from the lecturer who researched and guided the object I wanted to study. I contacted some of these lecturers and then communicated and discussed with them. Some said they were interested in mentoring me, and some said that by then they had enough students in their lab. I then continued to communicate with the lecturers who expressed their interest in guiding me, and after discussing with them, finally my choice fell on the lecturer who is currently guiding me in one of the Labs owned by Hiroshima University.

I am very happy and enjoy my study here because I can learn a lot about seagrass (not seaweed tho), the object of research that I have been pursuing since my undergraduate studies. New things such as phylogeny and DNA analysis, development of environmental measurement parameters and learning to communicate about my scientific field in Japanese are among the many things that I learn and receive here. And because my Lab is on Miyajima Island, my trip to the Lab always feels like a vacation. So, for those who are curious and interested in my life at the Miyajima Natural Botanical Garden Lab that owned by Hiroshima University, please contact me. I will be very happy to share my story while studying here. So, see you later and look forward to my next story. 😉


【 日本語 】

皆さん、こんにちは。広島大学大学院統合生命研究所の基礎生物学プログラムの博士課程1年生で、アドリアニ・ムトゥマインナです。アドリ、インナ、またはムトマと呼んでください。インドネシアのマカッサル出身です。今の研究室は広島大学の宮島自然植物実験所です。私は海洋生物学、特に海洋植物について学ぶことに非常に興味があります。海がとても好きで、魚介類を食べるのが好きなので、これは私にとって興味深い対象です。さらに、学士課程で学んでいた時には、海洋生態学を学ぶことにとても興味がありました。したがって、より高いレベルの教育を受けようとすると、インドネシアは海洋国家なので、それとほぼ同じ海の条件の渡航先の国を意図的に探しており、その一つが日本なのです。😊

それから、インターネットを通じて自分の欲しい分野に合わせて指導してくれると思う大学や指導教官を探しました。まず、海洋生物学の分野がある大学の情報を探しましたが、それを提供しているキャンパスがいくつか見つかりました。その後、自分が勉強したい対象物を研究・指導してくれた講師から情報を探してみました。私はこれらの講師の何人かに連絡を取り、それから彼らと連絡を取り、話し合った。私を指導することに興味があると言う人もいれば、それまでに研究室に十分な数の学生がいると言う人もいました。その後、指導に興味を示してくださった講師とのコミュニケーションを続け、話し合った結果、現在広島大学が所有する研究室で指導を行っている講師にたどり着きました。

ここでは、学部時代からの研究対象である海草(海藻じゃない)について多くのことを学ぶことができるので、とても嬉しく、楽しく勉強しています。系統樹やDNAの解析、環境計測パラメータの開発、日本語での科学分野のコミュニケーションなど、ここでは様々なことを学び、得ることができます。また、私の研究室は宮島にあるので、研究室への出張は日常の休暇のように感じられます。ですから、広島大学が所有する宮島自然植物実験所での私の生活に興味や関心のある方は、ぜひ私に連絡してください。ここで学んでいる間の私の話を聞かせていただけるととても嬉しいです。それでは、また次回の記事を楽しみにしていてくださいね。😉

P.S.: Mohon dimaafkan ya jika Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang saya belepotan. Please forgive my poor English and Japanese. 私の拙い英語と日本語をお許しください。